Khataman Al-Quran 26 Ramadhan 1438H - Dalil dan Keutamaan

 

Ingkung Khas Khataman Al-Quran 26 Ramadhan 1438H

Darul Hidayah - Pada 22 Juni 2017 / 26 Ramadhan 1438H digelar syukuran khotmil Qur'an. Tradisi ini masih berlanjut sampai saat ini. 

Tradisi rutinan khataman dilakukan di ujung bulan Ramadhan setelah selama malam - malam bulan ramadhan diadakan Tadarrus Al-Qur'an , biasanya Ingkung (ayam) yang dipotong mengikut berapa kali Qur'an yang dikhatamkan.

Jamaah Khataman Al-Quran 26 Ramadhan 1438H

Keutamaan khatam Al-Qur'an Bulan Ramadan

Mengutip laman NU Online, bulan Ramadan sangat spesial, karena tidak hanya semata mengabadikan konteks waktu diturunkannnya Al-Qur'an. Tetapi juga menjadi ladang amal kebaikan.

Pernyataan tegas itu diungkapkan oleh, Kepala Unit Percetakan Al-Qur'an Ditjen Bimas Islam Kemenag Jamaluddin M. Marki. Ia menganjurkan, umat muslim melakukan tadarus dan khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan.

Beberapa hadits Rasulullah juga menjelaskan keutamaan membaca Al-Qur'an. Salah satunya, hadis riwayat (HR) Tirmidzi yang dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami', No. 6469. Hadis itu mengatakan:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan "Alif Laam Miim" satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf"

Meski begitu, Jamaluddin mengingatkan terdapat pantangan saat akan melakukan khatam Al-Qur'an. Dia menyebut Rasulullah SAW melarang untuk mengkhatamkan Al-Qur'an dalam durasi waktu yang terlalu cepat sehingga terburu-buru membacanya.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Amru bin Ash, Rasulullah Saw berkata:

"Puasalah sehari dan berbukalah sehari, dan bacalah Al-Quran (khatamkanlah) dalam sebulan." Aku berkata, "Aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?" Beliau terus melarang hingga batas tiga hari". (HR. Bukhari).

Tadarrus Khataman Al-Quran 26 Ramadhan 1438H

Khataman Al-Quran 26 Ramadhan 1438H


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak